Remote Working

Pada masa pandemi saat ini remote working menjadi salah satu pilihan perusahaan dalam menerapkan sistem bekerja jarak jauh kepada karyawannya. Remote working dalam istilah lainnya pada karyawan biasanya Remote working sering dikenal dengan sebutan work from home (WFH) atau kerja dari rumah dan ada juga sebagian menyebutnya dengan virtual working. Pada pengertiannya, hanya pola bekerja Anda saja yang dirubah dengan tetap bekerja seperti jam kerja yang telah ditetapkan tanpa harus datang ke lokasi kerja perusahaan.

Sistem pelaksanaan remote working atau work from home di perusahaan pun bermacam-macam dan mempunyai aturan tersendiri mengenai sistem kerja dari rumah ini. Ada perusahaan yang secara total melakukan full kerja dari rumah, terutama apabila karyawannya tersebar di berbagai kota atau bahkan berbagai negara. Ada juga perusahaan yang mewajibkan bekerja di kantor secara berkala. Misalnya sebulan sekali, sebulan dua kali, atau seminggu sekali. Namun, ada pula perusahaan yang mengkombinasikan work from home dengan regular office work, misalnya dalam seminggu kerja di kantor hanya 3 hari dan sisanya bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah atau sistem remote working ini cukup mempermudah karyawan dan bisa dijadikan salah satu solusi. Selain itu juga penerapan sistem kerja remote working ini bagi sebagian orang ternyata cukup menguntungkan, karena ketika bekerja dari rumah mampu memonitor perkembangan sekaligus membimbing anak-anaknya serta menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi dan dari sisi para pemilik bisnis dapat berhemat terkait biaya keperluan kantor.  Namun di satu sisi metode ini pun ada kekurangannya. Kekurangan dari sistem remote working adalah minimnya interaksi langsung antar karyawan yang cukup berdampak pada sistem kerja sama dan manajemen kerja satu tim. Selain itu, bekerja secara remote juga memiliki gangguan dari aktivitas pribadi yang tidak terkendali. Butuh Integritas tinggi, sehingga mampu memicu kenaikan produktivitas kerja.

Maka dari itu, ketika perusahaan memilih sistem remote working, tata kelola karyawan harus dilakukan secara terstruktur dan terintegrasi dengan baik seperti menggunakan software HRIS. Melalui software ini perusahaan dapat mengelola karyawan yang bekerja dari rumah serta dapat melakukan pemeriksaan dan pemantauan secara langsung melalui absensi online. Mengadakan virtual meeting per minggu atau daily report kepada atasan agar terpantau dengan baik akan pekerjaan, target dan tanggung jawab yang diberikan sehingga dapat menjaga kesatuan antar tim kerja. Perusahaan juga dapat melakukan tes atau ujian performance demi meningkatkan dan menjaga kestabilan kinerja karyawannya. 

Penggunaan sistem remote working ini  dapat dijadikan solusi akan tetapi, perusahaan harus memastikan bahwa dengan sistem remote working ini pekerjaan yang telah ditargetkan perusahaan  bisa tercapai dengan baik. Penggunaan software HRIS, cukup membantu dalam mengatasi masalah kehadiran dan management performance karyawan. SunFish HR dari DataOn dapat dijadikan solusi dalam kebutuhan perusahaan Anda terkait kerja jarak jauh dan mengelola performa karyawan. SunFish memiliki fitur yang profesional dan fleksibel dapat dikostumisasi sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh perusahaan Anda, sehingga perusahaan anda dapat dengan mudah mengelola sistem tersebut dan software dapat dengan mudah dijalankan oleh karyawan.

Ingin mengenal lebih jauh lagi tentang SunFish HR ? klik dataon.com, silahkan isi formulir yang terlampir di halaman depan dan jadwalkan demo SunFish HR dengan sales profesional kami.

Baca Juga:   5 Hal Evaluasi HR Akhir Tahun
Scroll to Top