Serba-Serbi seputar Generasi Z

Setelah kita mengenal seputar generasi millennial yang saat ini menjadi generasi paling banyak di dunia kerja, saatnya kita sudah mulai mengenal generasi Z di mana angkatan tertua mereka sudah mulai memasuki dunia kerja. Ada banyak hal menarik yang perlu kita ketahui tentang generasi Z.

Generasi Z (1996-2010) memiliki karakteristik lebih ambisius dan optimis dibanding generasi sebelumnya. Yuk, kenali lebih lanjut serba-serbi fakta seputar generasi termuda di dunia kerja saat ini:

1. Generasi Z sangat menyukai teknologi

Generasi termuda ini sangat menyukai kemajuan dan penggunaan teknologi. Hal ini terjadi karena hampir seluruh sekolah di Indonesia telah menjadikan teknologi sebagai pendidikan formal sehingga mereka sudah terbiasa dengan pemanfaatan teknologi sejak dini. Karakteristik yang lebih ‘melek teknologi’ pada generasi Z menjadi keuntungan bagi mereka untuk bersaing saat ini.

2. Sangat menyukai perkembangan diri

Faktanya generasi Z tidak menganggap gaji menjadi fokus utama saat menghadapi dunia kerja. Mereka lebih mengutamakan pengembangan diri baik soft-skill dan pengalaman dalam bekerja. Generasi Z juga sangat mengiginkan bekerja pada perusahaan dengan pengembangan karir yang jelas.

3. Multitasking

Kemampuan generasi Z dalam penggunaan teknologi membantu mereka dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah. Hal ini membuat mereka dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam waktu bersamaan atau multitasking.

4. Menyukai keadaan finansial yang seimbang

Literasi finansial pada generasi Z tergolong lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Prioritas gaji biasa mereka gunakan untuk mewujudkan keseimbangan finansial dan mendapat benefit selain gaji seperti asuransi kesehatan akan membuat mereka tertarik pada pekerjaan mereka.

Itulah beberapa fakta mengenai generasi Z pada dunia kerja. Manajemen khususnya HR dapat lebih mempelajari lebih lanjut mengenai karakteristik generasi Z yang sebentar lagi juga akan aktif masuk pada dunia kerja. Apakah perusahaanmu sudah mempersiapkan bergabungnya generasi Z dengan baik?

Baca Juga:   Terjebak Situasi Sandwich Generation? Ini dia solusinya!

Scroll to Top