STRATEGI TEPAT UNTUK CAPAI KPI!

Dalam menjalankan sebuah bisnis, penetapan target atau KPI menjadi hal yang penting agar bisnis menjadi terarah. Penetapan dan perencanaan KPI juga perlu dirumuskan secara tepat sehingga kita juga bisa menyusun strategi untuk mencapai KPI tersebut.

Definisi dari Key Performance Indicators (KPI) itu sendiri adalah indikator untuk mengukur kinerja atau prestasi kerja dalam bidang atau pekerjaan tertentu pada kurun waktu tertentu. Dalam penetapan sebuah KPI, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar KPI dapat disusun secara realistis yaitu:

– Penyusunan KPI harus dilakukan secara spesifik terkait indikator yang menjadi penilai dan mengapa hal tersebut menjadi tolok ukurnya.
– KPI yang dibuat dapat diukur dengan standar yang ditentukan.
– KPI dapat dicapai dalam kerangka waktu yang disepakati

SDM perlu menentukan strategi untuk merumuskan dan mencapai KPI tersebut pada karyawan. Lalu bagaimana strategi yang tepat untuk dapat mencapai KPI?

1. Menjamin fasilitas kerja

Dalam melakukan proses kerja, karyawan perlu didukung dengan fasilitas yang dapat membantu pekerjaannya dapat dilakukan lebih cepat dan efisien. Penggunaan teknologi dan fasilitas yang tepat dapat menunjang pekerjaan karyawan sesuai divisi dan bidangnya sehingga diharapkan hasil akhir dari KPI juga dapat tercapai.

2. Pemberian bonus atau insentif

SDM juga dapat membuat program insentif atau bonus kepada karyawan yang dapat mencapai KPI atau melebihi target KPI. Pemberian bonus atau insentif juga akan menumbuhkan motivasi berkompetisi pada karyawan untuk mencapai KPI tersebut.

3. Kerja sama yang baik antar tim

Setiap divisi pada perusahaan perlu menciptakan lingkungan kerjasama yang produktif baik antar rekan kerja maupun antar divisi pada perusahaan agar kinerja dalam perusahaan dapat berjalan secara selaras.

Baca Juga:   Bingung Cara Memilih HRIS yang Tepat? Ini Dia Tipsnya

Penggunaan HRIS seperti SunFish HR juga dapat membantu kepala manajemen dan SDM mengukur keberhasilan KPI. Penerapan fitur kinerja memungkinkan definisi dan pelacakan tujuan yang lebih baik pada KPI dan dapat membantu pengguna memastikan tingkat pencapaian yang detail terhadap tujuan organisasi.

Scroll to Top