Teknologi dalam Proses Rekrutmen Online

Teknologi yang semakin maju membuat proses seleksi karyawan menjadi jauh lebih mudah. Aplikasi atau sistem rekrutmen online akan semakin berkembang untuk beberapa tahun ke depan. Diharapkan dengan adanya penerapan teknologi,  proses seleksi karyawan yang rumit dapat berubah menjadi jauh lebih sederhana. Hal ini tidak hanya akan menguntungkan pihak perusahaan, namun juga bagi para pencari kerja. Berikut adalah beberapa cara bagaimana teknologi dapat membantu proses seleksi untuk perusahaan Anda.

1. Teknologi membantu mencari kandidat.

Internet adalah salah satu teknologi yang mampu menyebarluaskan informasi secara cepat dengan jangkauan luas. Informasi mengenai lowongan pekerjaan yang di posting melalui media online seperti website job portal atau media sosial akan jauh lebih efektif daripada lowongan yang anda disebarluaskan melalui brosur.

Saat ini juga sudah terdapat teknologi bernama Applicant Tracking Systems (ATS) yang mampu menyediakan data base kandidat untuk memudahkan proses seleksi. Sistem akan membantu menyortir dan mengelola kandidat sesuai dengan kriteria yang sedang anda cari sehingga proses seleksi menjadi lebih mudah.

2. Tes dapat dilakukan secara online.

Terkadang perusahaan harus melakukan beberapa tes untuk mengetahui skill kandidat. Pihak perusahaan dapat mengirim tes melalui email sehingga kandidat dapat mengerjakannya dari mana saja. Dengan bantuan teknologi proses pengujian dapat dilakukan secara serentak tanpa harus datang ke lokasi sehingga dapat menghemat banyak waktu.

3. Wawancara digital.

Teknologi juga mampu mempermudah proses interview. Jika dulu interview harus dilakukan secara tatap muka, saat ini intervidapat dilakukan secara online.

Anda dapat menggunakan Zoom, Skype, Google Meets dan platform virtual lainnya untuk mewawancarai kandidat. Cara ini akan sangat berguna jika kandidat potensial Anda berada di luar kota. Kandidat tidak lagi perlu mengeluarkan banyak biaya, terlebih juga di saat pandemi ini.

Baca Juga:   ALASAN SURVEI KEPUASAN KARYAWAN PENTING BAGI PERUSAHAAN

4. Proses pengumpulan berkas dengan teknologi rekrutmen dalam HRIS.

Pengaplikasian menggunakan teknologi perekrutan terlihat rumit tetapi sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Perusahaan perlu bergerak ke arah tersebut dan memiliki komitmen yang kuat. Digitalisasi saat proses perekrutan harus terus berlanjut,  seperti dengan fitur rekrutmen yang dihadirkan SunFish HR. Software SunFish HR merupakan teknologi Human Resources Information System yang dapat mendukung proses rekrutmen online berjalan dengan baik. Dengan adanya fitur Application Tracking System, Pre-Screening dalam modul Recruitment SunFish HR, memudahkan perusahaan dalam melakukan pengumpulan berkas dan menyeleksi CV dan profil masing – masing kandidat. Sehingga dengan adanya teknologi HRIS seperti SunFish HR, proses rekrutmen dapat berjalan dengan baik dan mudah.

Scroll to Top