TIPS KOMUNIKASI DENGAN KARYAWAN MILENIAL

Apakah kamu termasuk yang lahir pada 1981 – 1995, memiliki pemikiran yang cenderung idealis, dan menyukai lingkungan kerja yang fleksibel? Well, berarti kamu termasuk pada golongan generasi milenial.

Sering kali, generasi milenial dianggap sebagai kutu loncat karena sering berpindah pekerjaan dalam kurun waktu yang singkat. Hal ini membuat perspektif perusahaan kurang baik pada kalangan generasi milenial. Padahal generasi milenial saat ini sangat mendominasi bursa tenaga kerja dan keberadaannya banyak mengubah budaya organisasi saat ini.

Para pemimpin perusahaan harus memahami sifat-sifat generasi milenial yang mengubah kultur organisasi saat ini dibanding dengan generasi lainnya. Generasi milenial memiliki gaya kerja yang berbeda dan komunikasi yang dinamis dibandingkan generasi sebelumnya.

Ingin berhasil berkomunikasi dengan generasi milenial? Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan pemimpin untuk berkomunikasi dengan generasi milenial:

1. Milenial senang dengan tantangan

Bagi sebagian milenial, pekerjaan sama yang dilakukan secara terus-menerus membuat mereka merasa bosan dan tidak tertantang. Ada baiknya generasi milenial dilibatkan dalam berbagai jenis pekerjaan yang tetap berkesinambungan dengan pekerjaan utama mereka yang dapat membuat mereka belajar hal baru.

2. Ciptakan lingkungan kerja yang santai dan tidak terlalu serius

Generasi milenial sangat senang akan kebebasan dan berpikir kreatif sehingga suasana kantor yang santai dapat dibangun agar dapat memotivasi kinerja mereka. Generasi milenial menyadari pekerjaan adalah suatu hal yang harus dikerjakan serius dan fokus, namun dengan suasana yang santai seperti membuat kantor yang open-space, adanya kopi atau snack gratis dapat membuat mereka nyaman saat bekerja.

Baca juga: Kenapa HR Butuh HRIS?

3. Gunakan teknologi digital

Teknologi digital menjadi salah satu aspek yang penting bagi milenial. Teknologi komunikasi dan pengelolaan organisasi yang modern dan real-time juga menjadi kebutuhan pada kantor modern saat ini. SunFish HR sebagai salah satu aplikasi web-based HRIS terpercaya dari Indonesia bisa menjadi pilihan yang tepat bagi perusahaan untuk menunjang komunikasi dan pengelolaan manajemen kinerja karyawan dengan generasi milenial yang real time, modern, dan user-friendly.

4. Tepati janji

Sebagai pemimpin, ada baiknya tidak mengumbar janji yang berlebihan kepada karyawan milenial. Generasi milenial memiliki cara pandang yang ideal untuk menilai perusahaan atau pemimpinnya dapat berjalan dengan baik. Mereka lebih senang atasannya dapat berdiskusi secara terbuka terhadap semua masalah, pendapat, saran, dan kritik secara lugas.

Baca Juga:   Gaji Bebas Pajak saat Corona sampai September 2020

Baca juga: Komunikasi HR

 

 

Scroll to Top