Tips Memilih Kandidat Terbaik dengan Online Rekrutmen

Online rekrutmen bukan menjadi hal yang baru pada masa pandemi saat ini. Online rekrutmen menjadi solusi yang tepat untuk HRD mencari kandidat terbaik pada organisasi perusahaan. Proses rekrutmen secara online membutuhkan strategi yang tepat agar proses rekrutmen dapat berlangsung secara efektif.

Lalu, bagaimana strategi yang tepat untuk memilih kandidat terbaik dengan online rekrutmen? Berikut adalah tips yang bisa anda ikuti:

1. Deskripsikan pekerjaan secara jelas dan detail

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk menarik minat kandidat pada lowongan pekerjaan yang anda buat yaitu buatlah deskripsi pekerjaan yang jelas dan detail. HRD memiliki tanggung jawab untuk dapat memberi penjelasan yang jelas pada kandidat sehingga anda bisa membuat deskripsi yang menggambarkan pemikiran yang kritis dan sosok yang berintegritas yang nantinya akan diisi oleh kandidat terbaik bagi perusahaan anda.

2. Promosikan melalui sosial media

Jika anda ingin menggaet generasi milenial megisi lowongan pekerjaan anda, sosial media perusahaan bisa menjadi wadah yang tepat untuk anda menginformasikan lowongan pekerjaan anda. Penggunaan sosial media pada proses rekrutmen tidak sesederhana membuat postingan dan menjangkau kandidat sebanyak mungkin. Namun, anda perlu membangun dan memerhatikan reputasi sosial perusahaan anda untuk mendapat kandidat terbaik.

Baca juga: 3 Tips Media Sosial dalam Rekrutmen

3. Program referensi kandidat dari karyawan

HRD bisa meminta bantuan relasi atau karyawan untuk merekomendasikan calon kandidat yang tepat. Selain bisa mendapat calon kandidat terbaik, program referensi ini dapat meningkatkan engagement karyawan melalui insentif yang diberikan dari hasil referensi karyawan.

4. Lakukan sesi interview melalui video call

Bila selama ini anda melakukan sesi interview secara konvensional, ini adalah saat yang tepat anda melakukan virtual interview melalui platform video call. Melalui video call, anda bisa secara langsung menilai gerak-gerik kandidat dari mimik wajah dan sikap kandidat selama interview yang membantu anda memilih kandidat terbaik.

Baca Juga:   Manfaat Dahsyat E-learning saat WFH

 

Baca juga: 5 Tips Mengatur Lingkungan Kerja

Scroll to Top