Tips Penting sebelum Lakukan Penilaian Kinerja Karyawan

Setiap perusahaan pasti melakukan kegiatan penilaian kinerja dengan tujuan evaluasi dan meningkatkan produktivitas karyawan dan perusahaan. Melakukan penilaian kinerja pastinya memberikan banyak manfaat positif bagi perusahaan salah satunya memberi gambaran kinerja yang perlu dipertahankan atau ditingkatkan berdasarkan periode tertentu.

Kenyataannya tujuan dan manfaat dari penilaian kinerja karyawan tidak tercapai karena perusahaan melakukan proses penilaian kinerja yang kurang maksimal. Agar dapat terhindar dari dampak negatif tersebut, berikut adalah beberapa tips sebelum melakukan penilaian kinerja karyawan agar berjalan dengan maksimal:

1. Mengatur periode penilaian kinerja

Hal utama yang perlu dilakukan sebelum melakukan penilaian kinerja karyawan adalah menetapkan periode evaluasi kinerja agar dapat dilakukan secara konsisten dan rutin. Biasanya, perusahaan melakukan kegiatan penilaian kinerja dua kali dalam setahun, namun anda dapat mengatur periode penilaian kinerja ini sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Poin terpenting dalam kegiatan penilaian kinerja adalah dilakukan secara rutin dan konsisten.

2. Proses penilaian kinerja dengan objektif dan akurat

Lakukan penilaian kinerja secara jujur dan tidak membawa kepentingan pribadi. Dengan demikian, karyawan akan merasa perusahaan memberikan penilaian yang transparan dari hasil kinerja yang dilakukan oleh karyawan.

3. Dilakukan secara tatap muka dan informasikan rencana pengembangan

Sebaiknya lakukan penilaian kinerja karyawan secara langsung dengan tatap muka. HR dan pihak supervisi dapat menjadwalkan penilaian kinerja setiap karyawan dan menyampaikan hasil evaluasinya agar dapat bisa didiskusikan secara langsung.

4. Penggunaan sistem penilaian kinerja sebagai solusi

Penggunaan sistem HRIS yang dilengkapi dengan penilaian kinerja dapat menjadi solusi agar proses evaluasi kinerja dapat dilakukan dengan maksimal. SunFish HR sebagai HRIS terpercaya di Indonesia menyediakan modul penilaian kinerja yang juga terintegrasi dengan modul manajemen SDM lainnya yang mudah digunakan oleh HR agar dapat melakukan proses penilaian kinerja karyawan secara efektif.

Baca Juga:   5 Tips Mengelola Karyawan Disabilitas

Dengan tips di atas, anda dapat melakukan penilaian kinerja secara lebih sistematis dan bukan lagi menjadi kegiatan yang menegangkan atau tidak memberikan dampak apa pun. Sudah siap melakukan penilaian kinerja sekarang?

Scroll to Top