Tren Baru HR di 2022

Dalam perkembangan dunia HR terutama setelah Pandemi, kita dapat mengetahui area dan sektor mana saja yang perlu mengalami peningkatan. Terlebih dalam pengembangan keterampilan, budaya dan manajemen dalam suatu perusahaan. Praktisi HR perlu mengantisipasi apa yang akan terjadi di tahun mendatang. Untuk dapat menyikapi tren yang akan dihadapi HR pada 2022 mendatang, simak info selengkapnya pada artikel berikut ini:

Kompetensi dan Manajemen Keterampilan

Pengembangan keterampilan karyawan telah menjadi praktik umum selama beberapa tahun di dalam suatu perusahaan. Terutama dengan adanya pandemi Covid-19 yang memperkuat tren ini, memberikan dorongan besar untuk digitalisasi. Akibatnya, dorongan ini berdampak pada proses kerja dan keterampilan yang dibutuhkan. Sehingga manajemen keterampilan dan bakat menjadi semakin penting sebagai tren HR kedepannya.

Manajemen keterampilan mengacu kepada memahami, mengembangkan, dan mengalokasikan karyawan dengan keterampilan mereka.

Keragaman dan Inklusi

Keragaman dan inklusi (pendekatan dalam membangun lingkungan terbuka dalam suatu kelompok)  telah menjadi topik hangat di beberapa perusahaan sejak lama.  Beberapa perusahaan telah mengakui keunggulan dengan adanya tim yang beragam dan berfokus pada keragaman serta inklusi sebagai strategi efektif dalam bisnis. 

Karyawan yang beragam akan membawa pengalaman dan latar belakang yang berbeda ke perusahaan. Keragaman tersebut dipercaya dapat menciptakan nilai tambah bahkan banyak studi telah membuktikan bahwa perusahaan dengan karyawan yang beragam jauh lebih kompetitif, menguntungkan, dan inovatif. Penerapan keragaman dan inklusi pada perusahaan juga menunjukkan kepuasan dan retensi karyawan (mempertahankan karyawan) yang lebih tinggi .

Change Management & Scenario Planning

Kemampuan beradaptasi (kemampuan untuk merespon perubahan) adalah yang terpenting di tengah perkembangan dunia yang dinamis. Perusahaan harus cepat dan efisien beradaptasi dengan menciptakan skenario atau perencanaan terpadu sesuai dengan berbagai kondisi dan resiko serta peluang baru di lingkungan dengan ketidakpastian yang tinggi. Dimana manajemen perubahan yang tepat berhubungan langsung dengan seberapa cepat pelajaran yang didapat.

Baca Juga:   HYBRID WORKING: TANTANGAN HR 2021 YANG PERLU DIKETAHUI

Manajemen perubahan yang gesit juga dapat memberikan keunggulan kompetitif jelas bagi perusahaan. Tetapi untuk mengaktifkan manajemen perubahan yang gesit, perusahaan harus menguraikan skenario yang mungkin terjadi sebelumnya. Oleh karena itu, perencanaan skenario adalah tentang mempersiapkan situasi masalah, mengerjakan serta mengimplementasikan peluang.

Kesimpulan

Pada tahun – tahun mendatang, 3 tren ini hanya mencerminkan sebagian kecil yang harus ditangani oleh HR kedepannya. Pandemi yang telah bersama dengan kita sejak 2 tahun lalu telah mendorong beberapa tren HR baru seperti digitalisasi di banyak bidang. Tugas bagi praktisi HR sekarang ini adalah menganalisis tren baru secara strategis untuk perusahaan masing – masing. Namun perlu diingat juga untuk tidak kehilangan fokus pada karyawan dan bertindak sesuai dengan value atau visi misi perusahaan.

Mari kita lihat peluang besar ini dengan memanfaatkan teknologi HR yang hadir untuk membantu. Solusi untuk bisnis dan manajemen HR dalam menghadapi tren HR ini adalah dengan pemanfaatan teknologi software HR salah satunya. Penggunaan software HR ini dapat mendukung semua pekerjaan HR suatu perusahaan. Seperti penggunaan software SunFish HR yang merupakan Human Resources Information System terbaik dengan modul – modul terpercaya untuk urusan administrasi, payroll, training, hingga penilaian pada performance karyawan. SunFish HR dapat menjadi pilihan untuk bisnis terutama divisi HR dalam menghadapi Tren HR 2022.

Scroll to Top