Tren Sistem Rekrutmen 4.0 Jaman Now, Pemanfaatan Digital Hadapi Industri 4.0

Rekrutmen menjadi salah satu proses penting bagi HR agar bisa mendapatkan kandidat terbaik untuk bergabung dalam suatu organisasi. Secara harafiah, proses rekrutmen dimulai dengan mencari calon pelamar dan berakhir dengan diserahkannya surat lamaran kerja pelamar ke organisasi yang melakukan rekrutmen.

Industri 4.0 yang saat ini terjadi ditandai dengan semakin cepatnya perkembangan sistem teknologi dan digital yang saling terintegrasi. Seperti pembahasan blog sebelumnya kita telah membahas bahwa HR juga sudah masuk pada era HR 4.0 (baca juga: Industri 40 = HR 4.0) sehingga proses rekrutmen karyawan juga tidak boleh tertinggal dengan tren industri 4.0 dan dapat memanfaatkan teknologi.

Baca juga: INDUSTRI 4.0 = HR 4.0

Lalu seperti apa tren rekrutmen yang cocok pada industri 4.0 dengan pemanfaatan digital?

1. Employer Branding

Calon kandidat harus dapat memberikan kesan kepada HR dengan membangun citra diri yang positif dan pemikiran yang brilian agar mendapat penilaian lebih dari calon kandidat lainnya. Perlu HR ketahui juga, saat ini bukan hanya HR yang memberikan nilai pada kandidat, tapi kandidat juga memberikan penilaian pada organisasi perusahaanmu. Jadi, pastikan perusahaan juga dapat membangun brand image yang baik mengenai organisasi perusahaannya baik secara internal dan eksternal.

2. Candidate Experience

Salah satu yang dapat mempengaruhi penilaian HR pada kandidat adalah pengalaman kerja kandidat terhadap pekerjaan yang dilamar. Jika kandidat dapat memenuhi kriteria yang diharapkan perusahaan dari pekerjaan yang dilamar, HR akan berusaha menarik minat kandidat untuk bergabung pada organisasi perusahaan. Pada proses rekrutmen, kandidat juga memiliki harapan mendapat pengalaman yang baik selama proses rekrutmen. HR yang informatif dan memberikan kesan friendly kepada kandidat dapat membuat pengalaman rekrutmen mejadi positif.

3. Social Media Recruiting

Generasi milenial memiliki karakteristik sering menggunakan social media dan technology savvy. Semakin banyaknya kandidat dari generasi milenial membuat HR juga memanfaatkan social media dalam proses rekrutmen. Melalui social media, HR dapat mengetahui dan menilai kebiasaan kandidat dari informasi yang dibagikan kandidat pada social media mereka.

4. HR Technology

Penggunaan software teknologi HR dapat membantu HR lebih efisien pada proses rekrutmen. SunFish HR sebagai salah satu HRIS paling komprehensif, dilengkapi dengan modul rekrutmen yang dapat membantu proses rekrutmen mulai dari pengumpulan data kandidat, menyaring data kandidat potensial, sampai penjadwalan interview kandidat secara otomatis. Ingin tahu module rekrutmen SunFish HR seperti apa? Akses demo langsung SunFish HR pada link berikut: https://demo.dataon.com/#

Pemanfaatan teknologi memiliki peran yang besar meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses rekrutmen. Pekerjaan HR juga dapat lebih mudah dengan otomatisasi dari teknologi. Jadi sudah siapkah kamu menghadapi industri 4.0 dengan proses rekrutmen 4.0 jaman now?

Baca Juga:   Nikah dengan Teman Sekantor? Baca Dulu Infonya
Scroll to Top