5 Soft Skills yang dibutuhkan untuk meningkatkan karir dan kredibilitas karyawan. 

Setiap perusahaan perlu memiliki karyawan yang mempunyai soft skills mumpuni.  Tidak hanya untuk pengembangan karyawan itu sendiri, namun dengan skills karyawan yang baik, perusahaan dianggap memiliki karyawan dengan kredibilitas tinggi. Berikut adalah 5 Soft Skills yang dibutuhkan guna meningaktkan karir dan kredibilitas karyawan.

1. Kemampuan komunikasi

Walaupun karyawan terkadang bekerja secara individu, komunikasi tetap perlu dilakukan. Karena, setiap pekerjaan pasti memerlukan komunikasi untuk dapat menyelesaikan suatu pekerjaan.

Sebagai contoh, seorang copywriter menulis teks untuk sebuah desain konten social media. Namun dalam menentukan kata – kata yang tepat, seorang copywriter harus bekerjasama dengan tim social media, desain, dan marketing. Sehingga seorang copywriter dapat membuat teks yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan audience dari brand itu sendiri. Komunikasi yang baik juga dapat mengurangi kesalahpahaman atau konflik.

Skill komunikasi yang dapat ditingkatkan untuk menunjang pekerjaan antara lain presentasi, negosiasi, public speaking, komunikasi tertulis seperti surat menyurat, dan mendengarkan.

2.  Manajemen waktu

Manajemen waktu yang baik, dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Karyawan yang bekerja dengan waktu terstruktur dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan kualitas yang baik. Sebaliknya, manajemen waktu yang buruk membuat karyawan menyelesaikan pekerjaan tidak tepat waktu, karena tidak dapat mengukur berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu pekerjaan. 

Kita dapat menerapkan sistem time blocking dalam membuat manajemen waktu yang baik. Caranya mudah, bagi satu hari menjadi beberapa blok kecil. Tiap blok diatur untuk menyelesaikan satu pekerjaan spesifik. Anda dapat mengatur pembagian waktu dengan menggunakan skala prioritas.

3. Problem solving

Di dalam setiap pekerjaan, pasti kita menemukan permasalahan. Mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Karena itu, kemampuan memecahkan masalah harus dimiliki. Pemecahan masalah didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami situasi secara mendalam, menemukan dasar masalah, dan menyelesaikannya.

Baca Juga:   5 Faktor Pencegah Interview

Ketika menghadapi masalah, tidak semua karyawan bisa menjadi si pemecah masalah. Dengan meningkatkan skill ini, kita akan menjadi lebih menonjol daripada karyawan lainnya. Selain itu, dengan menjadi problem solver yang baik, Anda akan lebih diandalkan oleh perusahaan.

4. Kepemimpinan (Leadership)

Kepemimpinan tidak hanya harus dimiliki oleh manajer, supervisor,  CEO ataupun Director saja. Setiap orang harus memiliki kemampuan ini, karena  setiap orang adalah pemimpin, setidaknya untuk diri sendiri. 

Dalam buku yang berjudul “The 360 Degree Leader”, John Maxwell menjelaskan bahwa memimpin diri sendiri sama dengan manajemen diri. Selain itu, terdapat 7 cara menjaga manajemen diri yaitu, manajemen waktu, emosi, prioritas, energi, pemikiran, kata –  kata, dan kehidupan personal. Ketika kita berhasil menguasai 7 cara ini, kita juga dapat menerapkannya ketika memimpin orang lain dalam mencapai tujuan tim.

5. Mudah beradaptasi

Dalam suatu pekerjaan, kita akan banyak menemukan perubahan. Mulai dari perubahan tren, perubahan teknologi, perubahan kebijakan atau perubahan struktur. Tidak sedikit karyawan merasa stres akibat adanya perubahan. 

Melalui survei yang dilakukan American Psychological Association (APA) kepada 1500 pekerja di Amerika,  ditemukan sekitar 55% pekerja mengalami stres  setelah mengalami perubahan. Stres dapat mengganggu kehidupan personal dan profesional. Untuk itu, kemampuan adaptasi penting untuk Anda kembangkan. Dapat beradaptasi berarti mampu merespon dan menyesuaikan perubahan dengan cepat. Belajar menghadapi perubahan dapat menurunkan risiko stres dan depresi. Selain itu, Anda tetap dapat menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan dengan baik.

Kesimpulan

Memberikan pelatihan atau training kepada karyawan guna meningkatkan skills karyawan, memperlu dilakukan oleh setiap perusahaan. Karena selain meningkatkan kemampuan karyawan itu sendiri, perusahaan juga dianggap memiliki kredibilitas yang tinggi jika memiliki karyawan dengan berbagai skills.

Baca Juga:   Mendongkrak Employee Engagement

Manfaat software training dari HRIS SunFish HR. Melakukan training ataupun E-learning guna meningkatkan kemampuan karyawan kini menjadi lebih mudah. Karyawan dapat melihat jadwal, materi training hingga rekaman atau silabus – silabus dari pembicara, yang dapat diakses melalui satu akses. Dengan Training SunFIsh HR, kini training dan e-learning online, dapat dilakukan dari mana saja. Hubungi kami sekarang juga, untuk informasi mengenai SunFish HR dan produk DataOn lainnya.

Sumber:

Freifeld, Lorri. 2016. ‘Everybody is a Leader’. Link: https://trainingmag.com/everybody-is-a-leader/

Indeed. 2020. ‘How To Develop Your Skill Set to Advance Your Career’].Link: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-develop-your-skill-set 

Loretto, Penny. 2019. ‘The Top 12 Soft Skills Employers Seek’. Link: https://www.thebalancecareers.com/top-soft-skills-employers-seek-1986632  Ramanathan,

Shyam. 2017. ‘7 Ways to Lead Yourself Exceptionally Well’. Link: https://www.linkedin.com/pulse/7-ways-lead-yourself-exceptionally-well-shyam/

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top