Upaya Pengendalian dan Pencegahan COVID-19 di Kantor dengan Teknologi

Upaya Pengendalian dan Pencegahan COVID-19 di Kantor dengan Teknologi

Di bulan Maret 2020, Indonesia dikejutkan dengan jumlah orang yang terpapar COVID-19. Di Indonesia sendiri sudah sekitar 100 lebih orang yang terkena virus tersebut. Hal ini berdampak kepada kegiatan-kegiatan setiap individu. Mulai dari sekolah, kuliah, dan kerja. Dalam dunia kerja, setiap perusahaan memiliki divisi HR, dalam konteks ini, HR di masing-masing perusahaan memiliki peranan penting dalam menjaga stabilitas kinerja karyawan. Maka dari itu, banyak HR yang berupaya untuk mengendalikan dan mencegah penularan COVID-19 di kantor dengan menggunakan sarana teknologi.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan oleh HR sebagai upaya pengendalian sekaligus pencegahan virus Corona di kantor dengan memanfaatkan penggunaan teknologi:

  1. Penyebaran informasi yang cepat dan tepat. HR wajib menyebarkan informasi via email maupun sistem internal perihal COVID-19 secara cepat dan tepat atau akurat. Informasi yang diberikan adalah seputar apa itu COVID-19 dan bagaimana cara pencegahan agar tidak terkena COVID-19.
  2. Pilih alternatif absensi selain fingerprint . Perusahaan-perusahaan di Indonesia memiliki berbagai cara dalam absensi karyawan. Ada yang manual dengan menulis di buku tamu, ada yang menggunakan mesin clocking kertas, ada yang menggunakan sensor wajah & mata, serta ada juga yang menggunakan fingerprint . Dalam konteks penyebaran COVID-19, kemungkinan terbesar adalah melalui jari/tangan. Dalam hal ini, HR harus memilih alternatif absensi selain fingerprint . Dengan adanya teknologi dan HRIS, maka hal itu sangatlah mungkin. Seperti SunFish HR dengan geotech yang dapat melacak absen karyawan berdasarkan lokasi di mana pun ia berada, dan dapat mempermudah HR dalam memilih alternatif absensi.
  3. Work from home atau kerja dari rumah. Dalam konteks ini, HR dapat memutuskan untuk para karyawan agar bekerja dari rumah. Namun, masih banyak HR yang takut melakukan hal tersebut, karena produktivitas karyawan dipertanyakan. Dengan adanya HRIS seperti SunFish HR, para HR dapat melacak keberadaan absensi karyawan serta masih banyak modul-modul yang bisa dipakai untuk meningkatkan produktivitas karyawan.
  4. Penugasan Sistem penugasan secara online juga efektif dalam konteks pencegahan dan penyebaran COVID-19. Melalui SunFish HR, sistem penugasan bisa dilakukan dari tingkatan manajemen atas sampai ke bawah, lalu bisa diupdate untuk progress pekerjaan tersebut. Sehingga walaupun dari rumah, karyawan tetap bisa bekerja dan menyelesaikan tugas-tugas dari atasan.
  5. Permudah akses benefit. Dalam konteks COVID-19, karyawan ingin benefit kesehatan yang jelas secara informasi maupun akses untuk menggunakannnya. Melalui SunFish HR, karyawan dapat dengan mudah mengakses segala keuntungan dari perusahaan, termasuk kesehatan.

Baca juga: Cara Lapor SPT Tahunan Mudah dan Cepat dengan e-FilingCara Lapor SPT Tahunan Mudah dan Cepat dengan e-Filing

wfh-free-3bulan

Baca Juga:   Bingung Cara Memilih HRIS yang Tepat? Ini Dia Tipsnya
Scroll to Top