PT AEON Mall Indonesia: Memilih dan menggunakan SunFish HR untuk mendukung Digital Automation Process di Departemen HR

Penjelasan tentang perusahaan & Informasi Narasumber.

PT AEON Mall Indonesia berdiri sejak tahun 2012, secara akta adalah pada tanggal 2 Agustus 2012. Kantor pusat PT AEON Mall Indonesia berada di BSD, Tangerang Selatan. PT AEON Mall Indonesia terdiri dari beberapa mall di area jabodetabek. Untuk saat ini, PT AEON Mall Indonesia telah memiliki 187 karyawan lokal dan karyawan expatriate kurang lebih ada 11 orang, dimana otal keseluruhan karyawan adalah hampir di angka 200. PT AEON Mall Indonesia telah menggunakan SunFish HR sejak tahun 2013.

Kali ini, Tim DataOn berkesempatan mewawancari Bapak Rony Mahardhika, selaku HR Senior Manager dari PT AEON Mall Indonesia.

Masalah – masalah yang dirasakan perusahaan sebelum menggunakan SunFish HR.

Pada tahun 2012, PT AEON Mall Indonesia masih belum menggunakan SunFish HR, jadi semua proses masih manual sehingga sangat wasting time. Terutama dalam payroll, kalkulasi masih serba manual.

Fitur SunFish HR yang digunakan PT AEON Mall Indonesia.

Fitur yang kami gunakan lebih ke payroll atau kalkulasi gaji. Kami juga menggunakan beberapa menu attendance, lalu ada employee data, training, cuti atau leave. PT AEON Mall Indonesia lebih banyak menggunakan untuk kebutuhan compensation and benefit.

Alasan AEON Mall Indonesia memilih SunFish HR.

Pada tahun 2012, pak Gordon Enns dan ibu Marta sendiri melakukan presentasi ke kantor kami. Kami dijelaskan bahwa fitur – fitur yang ditampilkan SunFish sangat familiar, mudah dioperasikan dan user-friendly bagi karyawan. Sehingga kami menjadi yakin untuk menggunakan SunFish, karena mudah dalam pengoperasiannya.

Apakah PT AEON Mall Indonesia melakukan customize pada produk SunFish HR?

Ya, kami banyak melakukan custom di bagian payroll, yang dibantu oleh tim Development DataOn. Tim DataOn sangat kooperatif. Walaupun sudah berjalan lama, kami merasa tidak ada masalah.

Baca Juga:   Isu Strategis HR

Manfaat yang dirasakan perusahaan setelah menggunakan SunFish HR.

Manfaat yang sangat dirasakan adalah pada saat melakukan kalkulasi payroll atau gaji terutama untuk overtime. Karena setiap perusahaan memiliki berbagai macam regulasi atau perhitungan yang berbeda.  Manfaat lainnya adalah lebih kepada aktivasi karyawan PT AEON Mall Indonesia serta regulasi yang berlaku di dalam perusahaan.

Untuk masalah PPh 21, pencatatan monthly report sangat detail. Sudah tersedia laporan pembukuannya ketika kami hendak mengirim laporan. Sebelumnya, kami selalu melakukan cara manual, jadi kami harus teliti serta memastikan angkanya benar atau tidak dalam kalkulasi perhitungan. Sewaktu menggunakan SunFish HR, semua formula  dapat diimplementasikan di dalam SunFish HR. Sistem ini sangat membantu, serta sesuai dengan hasil yang kami inginkan. Jadi, manfaat yang paling berguna ketika menggunakan fitur SunFish HR pada saat menggunakan menu payroll itu yang sangat membantu bagi kami.

Selain membantu untuk customize fitur, apa lagi yang tim DataOn yang sudah lakukan, seperti dari sisi customer service dan maintenance ?

Sejauh ini kami tidak pernah kecewa dengan apa yang DataOn kerjakan atau dengan solusi yang ditawarkan oleh tim DataOn. Kami merasa sangat terbantu.  Tim DataOn sangat mudah sekali untuk dihubungi dan sangat membantu dalam penyelesaian setiap masalah. Jadi SunFish HR membuat kami semakin yakin, bahwa kami telah memilih sistem HR yang tepat.

Untuk tim DataOn, walaupun kami diberikan satu orang PIC, namun kami juga dapat  berdiskusi dengan PIC lainya. Apalagi saat ini SunFish HR  memiliki data center yang dikelola secara mandiri oleh pihak DataOn secara langsung,  yang membuat kami lebih yakin lagi dari sisi customer service, dimana adanya  jaminan bahwa data kami tidak akan hilang. Itu yang membuat kami nyaman menggunakan SunFish HR.

Rekomendasi client untuk penggunaan SunFish HR.

Service, kualitas dan fitur yang ditawarkan SunFish HR sangat baik. Terlebih dengan affordable price yang ditawarkan, kami merasa sangat puas.

“Disini saya berbicara karena saya merasakan langsung keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan SunFish HR. Jadi, sistem SunFish HR sudah sangat bagus, mendapatkan berbagai macam penghargaan, sudah memiliki sertifikat ISO  dan memang customer service nya sangat luar biasa. Sesuai dengan apa yang dijanjikan di awal, jadi menurut saya itu tidak pernah mengecewakan. Sistem yang ditawarkan oleh DataOn itu merupakan sistem yang luar biasa, dibangunnya dengan sangat teliti dan security yang sangat terjamin.”

Baca Juga:   6 Lulusan Incaran HR

SunFish HR menawarkan beberapa fitur yang bisa diakses melalui aplikasi mobile phone, sehingga itu sangat memudahkan bagi kami yang menerapkan sistem kerja Working from home atau remote. Dari sisi HR kami juga bisa memantau keberadaan karyawan, karena mereka selalu melakukan live attendance record. Inilah yang sangat kami rasakan manfaatnya dan sangat berguna untuk kami, sehingga sewaktu – waktu kami dapat memantau lokasi karyawan dimanapun berada.

Courtesy: PT Indodev Niaga Internet – PT AEON Mall Indonesia (Maret, 2022)

Scroll to Top